5 Jenis Permainan Outbound

10 December 2020 67x Artikel

Beranda » Artikel » 5 Jenis Permainan Outbound

Jenis-Jenis Permainan Outbond

Permainan outbond yang kebanyakan dipopulerkan melalui kegiatan Pramuka. Namun ada juga yang dibuat oleh inisiatif para pembuat game. Sebagai EO berpengalaman dalam kegiatan gathering, Hanindo akan membagikan beberapa permainan outbond terpopuler di 2020. Berikut ini berbagai permainan outbond paling seru yang bisa kalian jadikan referensi sewaktu gathering bersama teman.

1. Arung Jeram (rafting)

Permainan Arung Jeram banyak digunakan oleh para penyelenggara kegiatan outbond atau team building untuk memperkuat ikatan batin para team. Arung Jeram biasanya dilaksanakan di sungai-sungai dengan air yang bersih serta arus yang kuat. Permainan ini termasuk outbond hard skill, dan dilakukan dengan satu tim yang terdiri dari 4-5 orang.

Mereka akan menempati satu perahu boat dan memakai perlengkapan keselamatan seperti pelampung, helmet, tas kedap air, serta berbagai perlengkapan lain. Mereka harus menelusuri sungai dengan arus yang cukup berbahaya dengan berbekal peralatan P3K, dayung, pompa boat, dan tali lempar. Mereka akan bersaing dengan tim lain agar bisa sampai tujuan dalam waktu tercepat.

2. Rope Course

Aktivitas tali tinggi (high rope activities) sering juga disebut sebagai rope course. Game yang satu ini terdiri dari berbagai jenis permainan yang terfokus pada taktik menyusuri tali dan panjat memanjat. Ada banyak prosedur keamanan yang harus dipatuhi pada permainan tali tinggi.

Seperti harus ada helm pelindung, kawat backing, pemandu, dan lain sebagainya. Permainan tali tinggi ini juga bisa dimodofikasi dan dipadukan dengan estafet, sehingga akan lebih cocok digunakan sebagai permainan outbond yang nge-trend di 2020. Contoh dari permainan jenis ini adalah Flying Fox, Rappeling, dan Climbing Tower.

3. Permainan Rantai Nama

Berbicara mengenai outbond, tak lengkap rasanya jika tidak melakukan kegiatan yang mengasah soft skill agar suasana kekeluargaan terasa. Setelah melakukan berbagai kegiatan fisik, saatnya bermain santai. Kalian bisa melakukan permainan rantai nama agar bisa saling akrab.

Contohnya, pemain pertama menyebutkan namanya, “Saya Basis”. Kemudian pemain kedua menyebutkan nama pemain pertama dan kedua secara berurutan, “Basis, saya Gilang”, dan begitu seterusnya. Apabila ada satu saja ada pemain yang salah menyebutkan nama dari pemain lain atau salah urutan, maka ialah yang akan dihukum. Permainan ini sangat cocok dimainkan saat malam hari.

4. Menyusun yel-yel kelompok

Menyusun yel-yel juga bsia membuat bonding antar tim berjalan dengan lebih baik. Tim saling berkomunikasi dan mengeluarkan pendapatnya jika berkaitan dengan yel-yel. Sehingga antara anggota satu dengan yang lainnya pun bisa saling mengenal dan bercanda bersama.

Setelah yel-yel jadi, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menampilkan yel-yel di depan semua orang. Pasti di antara mereka ada yang membuat yel-yel dengan menyisipkan guyonan atau kalimat lucu dan dapat membuat suasana lebih hidup.

5. Lomba Bakiak

Siapa sih, yang tidak mengenal permainan yang satu ini? Bakiak merupakan sebutan untuk sandal kayu panjang yang bisa diguankan oleh lebih dari 1 orang. Mereka melangkah bersama untuk bisa mencapai tujuan dengan waktu yang paling cepat. Permainan ini mengombinasikan antara soft skill dan hard skill.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Chat WhatsApp
Telp Sekarang